Ticker

10/recent/ticker-posts

Sikapi Perbedaan Idul Fitri 1444 Hijriah, Bupati Tanah Datar : Mari Saling Menghargai dengan Penuh Rasa Persaudaraan

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat pelaksanaan salat idul fitri di lapangan cindua mato

TANAH DATAR, LENSA KABAR.com - Pelaksanaan salat Idul Fitri pada tahun 2023 ini terjadi perbedaan, ada yang melaksanakan pada hari Jumat (21/4/2023) dan ada pula yang melaksanakan Sabtu, (22/4/2023). Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) memfasilitasi keduanya yang dilaksanakan di Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar. 

 

Baca Juga : Hebat Pertama di Sumbar, 11 Kali Berturut turut WTP Dipertahankan Kabupaten Tanah Datar 

 

"Mari kita sikapi perbedaan ini dengan saling menghargai, penuh rasa persaudaraan dan penuh keimanan," kata Bupati Tanah Datar Bupati Eka Putra saat memberikan sambutannya dihadapan ribuan jamaah shalat Idul Fitri, Sabtu (22/4/2023) di lapangan Cindua Mato Batusangkar. 

 

Dikatakan Eka, secara pribadi, dia bersama keluarga dan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Wakil Bupati Richi Aprian mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, taqoballahu minna wa minkum minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.

 

"Semoga Allah SWT menerima ibadah yang telah kita lakukan, mengampuni segala dosa dan kesalahan kita dan mengembalikan kita semua kepada fitrahNya dan memberikan kepada kita kemenangan sebagai golongan hambaNya yang bertakwa amin amin ya robbal alamin," katanya. 

 

Baca Juga : Idul Fitri 1444 Hijriah, Ini Dia Jalur Alternatif yang Dapat Dilewati di Kabupaten Tanah Datar  

 

Bupati Eka Putra menyampaikan selamat datang kepada seluruh perantau Tanah Datar yang telah sampai dengan selamat di kampung halaman dalam rangka merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sanak famili. 

 

"Harapan kami, para perantau merasa nyaman selama berada di kampung halaman dan kembali ke tanah rantau nantinya dengan kondisi tetap sehat," ujarnya. 

 

Selain itu, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Tanah Datar dan perantau yang akan berkunjung ke objek-objek wisata agar selalu menjaga keselamatan baik di jalan maupun selama berada di lokasi objek wisata. 

 

"Saya berharap seluruh perantau membantu mempromosikan seluruh destinasi wisata dan event-event yang ada di Tanah Datar melalui sosial media masing-masing, sampaikan ke seluruh dunia keindahan dan kekayaan budaya Luhak Nan Tuo ini. Sebaliknya jika ada yang kurang berkenan, mohon ini disampaikan kepada kami," katanya. 

 

Sebagai informasi, Bupati Eka Putra menyebut, libur Idul Fitri tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga telah menetapkan kalender event pariwisata diantaranya ada Selaju Sampan di Nagari Tigo Jangko, Alek Nagari Andaleh, Pesona Kacang Barandang Nagari Sawah Tangan, Rang Sungayang Mangiak Alek.

 

Baca Juga : Berjasa dalam Pengelolaan Lingkungan, Bupati Tanah Datar Serahkan Bantuan dari H Sainir Dt Singguno ke 116 Petugas Kebersihan  

 

"Mari kita sebarkan informasi positif ini, semoga event-event yang ada di Tanah Datar selama liburan Idul Fitri ini dapat berjalan dengan sukses dan tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya. 

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Richi Aprian selaku Ketua PHBI Tanah Datar menyampaikan bahwa tahun 2023 ini pemerintah kembali memanfaatkan lapangan Cindua Mato Batusangkar sebagai tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri. 

 

"Alhamdulillah, setelah tiga tahun lapangan ini di renovasi, akhirnya tahun ini kita bisa kembali memanfaatkannya untuk pelaksanaan shalat Ied, ini patut kita syukuri bersama," ujarnya. 

 

Wabup menyampaikan, untuk pelaksanaan shalat Ied ini, PHBI didukung oleh lima masjid yang ada disekitar kota Batusangkar yaitu Masjid Ihsan, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Para Jua, Masjid Muhammadiyah dan Masjid Amaliah Kampung Baru. 

 

Bertindak sebagai Khatib shalat Idul Fitri Ustadz Fathurrahman, sedangkan yang menjadi Imam adalah Dodi Hendra. (prokopim/hp/nd).

 

Berita Terkait 

 

Ini 5 Destinasi Wisata Religi di Riau yang Bisa Dikunjungi saat Libur Lebaran 

 

Menag RI Umumkan Hasil Sidang Isbat, Idul Fitri Jatuh pada Sabtu 22 April 2023 

 

Libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Dinkes Kota Padang Panjang Siagakan Tim dan Posko Kesehatan 

 

Posting Komentar

0 Komentar