Ticker

10/recent/ticker-posts

Monopoli Koperbam, Buruh Pelabuhan Teluk Bayur Adukan Nasib ke DPRD Sumbar

 

Audiensi buruh dan masyarakat sekitar Pelabuhan Teluk Bayur dan Bungus Teluk Kabung ke DPRD Sumbar

PADANG, LENSA KABAR.com - Praktik monopoli yang dilakukan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperbam) Pelabuhan Teluk Bayur maupun Bungus Teluk Kabung menjadi polemik. Pasalnya, buruh dan masyarakat sekitar Teluk Bayur dan Bungus Teluk Kabung tidak dapat melakukan kegiatan bongkar muat secara leluasa.

 

Baca Juga : Tak Memenuhi Kourum saat Pembahasan di Bapemperda DPRD Sumbar, Konversi Bank Nagari Menuju Syariah Tak Kunjung dapat Rekomendasi 

 

Ketua DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Padang, Budi Syahrial mengatakan, tuntutan utama puluhan buruh ingin menyampaikan keluh kesah mereka dan masyarakat sekitaran Teluk Bayur dan Bungus Teluk Kabung mengenai praktik monopoli Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperbam) di Teluk Bayur maupun di Bungus Teluk Kabung.

 

 “SKB tentang Pembinaan dan Penataan Koperasi TKBM di Pelabuhan oleh dua Dirjen sudah dicabut di 14 pelabuhan di Indonesia. Termasuk di Pelabuhan Teluk Bayur,” kata Budi saat  audiensi di ruang pansus 1 DPRD Sumbar, Selasa (2/5/2023).

 

Baca Juga : Pemprov Sumbar Sampaikan LKPJ Tahun Kedua ke DPRD 

 

Budi menyebut, saat ini 14 pelabuhan yang ada di Indonesia sudah tidak ada lagi di monopoli TKBM. Koperasi-koperasi yang ada boleh melakukan kegiatan bongkar muat. 

 

“Perlu campur tangan dari DPRD Sumbar untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sana,” katanya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo menyebut, akan memanggil pimpinan PT Pelindo regional II Teluk Bayur serta KSOP Teluk Bayur untuk meluruskan permasalahan antar buruh dan perusahaan itu. 

 

Baca Juga : Ungguli Heri Susanto, Ekos Albar Isi Kekosongan Kursi Wakil Wali Kota Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024 

 

“Perlu penyelesaian cepat terhadap permasalahan yang dikeluhkan oleh organisasi buruh pada hari ini. Kami akan memanggil pihak terkait,” katanya. (Rel)

 

Berita Terkait 

 

Satpol PP Padang Grebek 5 Pasangan Nginap di Home Stay, 2 di Antaranya PSK 

 

Sidak Usai Libur Lebaran, Sekda Padang : Kehadiran 100 persen 

 

Festival Pesona Kacang Barandang Nagari Sawah Tangah di Kabupaten Tanah Datar Digelar, Dimeriahkan dengan Pawai 1000 Senggan 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar