Ticker

10/recent/ticker-posts

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Tanah Datar: Mari Dibaca dan Didengar Praktikkan Aktualisasikan di Kehidupan

Bupati Tanah Datar menjadi inspektur upacara bendera saat pringatan hari lahir Pancasila

TANAH DATAR, LENSA KABAR.com - Pemerintah Kabupaten memperingati hari lahir Pancasila tanggal 1juni 2023 ini dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera. Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini yang bertema gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.
 
"Peringatan Hari Lahir Pancasia merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang dan memperkuat nilai-nilai pancasila sebagai landasan kehidupan. Maka melalui peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 2023 ini mari bersama-sama kita mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra, saat upacara peringatan Harlah Pancasila, di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kamis (1/6/2023). 

Eka  menyampaikan, para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Pancasila menjadi pengingat di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasarkan pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.
 
"Pancasila bukan hanya dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Target dan tujuan kita adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Ditambahkan Eka, dengan  gotong royong yang di lakukan membuat sukses menyelamatkan negeri ini dari Pandemi Covid-19. Hal ini harus dipertahankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
 
"Kepada masyarakat harus dapat merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila untuk menyatukan cita-cita dan langkah ke depan," ujarnya.
 
Eka menuturkan, Pancasila adalah jiwa yang baru yang menghidupkan dan menggelorakan negeri ini. Tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan bangsa, namun harus bisa menjadikannya sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Bupati Eka Putra tambahkan, sesuai tema pentingnya gotong royong dalam membangun bangsa. "Setiap masalah pasti bisa dihadapi kalau kita dapat bersama-sama dan bergotong royong. Untuk itu mari tingkatkan kinerja, prestasi, membuat terobosan serta menumbuhkan pembaharuan," ajaknya.
 
"Tahun 2024 nanti masyarakat akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, untuk itu kepada seluruh komponen masyarakat diminta untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang jujur, aman dan damai, serta ikut menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana anti korupsi sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila," ujarnya.
 
 
Pada pelaksanaan upacara tersebut, Ketua DPRD Tanah H. Datar Rony Mulyadi Dt.Bungsu tampil untuk membacakan teks Pembukaan UUD 1945.
 
Usai pelaksanaan upacara, Bupati Eka Putra bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta Forkopimda Tanah Datar juga mengikuti upacara secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Gedung Indojolito Batusangkar. (Prokopim Tanah Datar)
 
 
Berita Terkait 
 
 
 

 

Posting Komentar

0 Komentar