Ticker

10/recent/ticker-posts

Batagak Pangulu Kanagarian Pasie Laweh, Wali Kota Padang Panjang Sampaikan Selamat


Wali Kota Padang Panjang saat kegiatan malewa gala pangulu nagari Pasie Laweh

TANAH DATAR, LENSA KABAR.com - Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan akbar Batagak Pangulu Kanagarian Pasie Laweh, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (26/8/2023). Sebanyak 31 Datuak Pucuak diangkat sumpahnya lewat prosesi adat. di laksanakan di Medan Nan Bapaneh Kanagarian Pasie Laweh.



Mereka berasal dari Suku Caniago sebanyak 17 orang, Suku Piliang (5 orang), Suku Gugun (5 orang), dan Suku Mandahiliang (4 orang).

“Selamat atas dilewakannya sebanyak 31 orang Datuak di Nagari Pasie Laweh, Kabupaten Tanah datar. Alek Batagak Panghulu di nagari ini menunjukkan persatuan dan kekompakan masyarakatnya,” kata Fadly.


Dikatakannya lagi, para Datuak tersebut dikaumnya kini didahulukan selangkah, ditinggikan seranting.

“Semoga menjadi pemimpin kaum yang dapat mengayomi anak kemenakan. Manimbang samo barek, maukua samo panjang," ujar Fadly seraya berharap para Datuak dapat mengemban peran sosial, menjadi suri tauladan bagi kaum dan masyarakat.


Menurut Fadly, kegiatan Batagak Pangulu ini merupakan hal yang luar biasa, lantaran dihadiri berbagai tokoh masyarakat dan para perantau. Dirinya berharap para Datuak bisa menjadi pemimpin sukunya dan bisa berkoordinasi dengan semua pihak. (harris)

Berita Terkait



Posting Komentar

0 Komentar