Ticker

10/recent/ticker-posts

Konji Barayak di Kuansing, Gubernur Riau : Jangan Lupa Cicipi


Gubernur Riau ikut membuat konji barayak bareng emak-emak

 KUANSING, LENSA KABAR.com - Tradisi bakonji merupakan kegiatan yang dilakukan oleh emak-emak untuk memasak secara bersama, semangat gotong royong mengesampingkan individualisme mengedepankan suka cita bersama tentunya menjadi salah satu kekuatan untuk membangun Riau lebih baik. 

 

Buburnya bertekstur kenyal yang menyerupai cendol, dengan kuah santan kental bercita rasa manis sungguh istimewa di hati masyarakat Kuansing. 


Baca Juga : Ekonomi Riau Tumbuh 4,55 Persen di Triwulan IV 2022

 

Selain rasa kuliner nikmat dan penyajian yang masih tradisional dengan mangkok dari daun pisang, tradisi bakonji juga merupakan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. 

 

"Encik puan kalau ke Kuansing jangan lupa cicipi, ya,"ujar Gubernur Riau,Syamsuar.

 

Ia menjelaskan bahwa tradisi bakonji merupakan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Selain rasa kuliner yang nikmat, penyajiannya pun masih tradisional dengan mangkok dari daun pisang.


Baca Juga : Kinerja APBN di Riau Hingga Februari 2023 Terus Menunjukkan Tren Positif



"Tradisi bakonji merupakan kegiatan yang dilakukan oleh emak-emak untuk memasak secara bersama, semangat gotong royong mengesampingkan individualisme, mengedepankan suka cita bersama tentunya menjadi salah satu kekuatan untuk membangun Riau lebih baik," imbuhnya.

 

Rasa manis dari Konji Barayak benar-benar menggambarkan betapa manisnya suasana kebersamaan. Nilai inilah yang tidak dimiliki makanan kekinian.


Maka sudah sepantasnya masyarakat lebih menghargai dan mengenal makanan tradisional yang sarat akan makna ini. Soal cita rasa dijamin tidak akan kecewa. Saat menyantapnya, Konji Barayak menjamin akan memberikan cita rasa yang begitu kaya.



Baca Juga : Ini 5 Destinasi Wisata Religi di Riau yang Bisa Dikunjungi saat Libur Lebaran



"Encik puan kalau ke Kuansing jangan lupa cicipi, ya," ucap Gubernur Syamsuar.



Cara membuat Konji Barayak ini sangatlah mudah. Terdiri dari bahan-bahan yang sangat mudah didapat. Bahan utamanya adalah tepung beras, gula pasir, garam, air, dan santan. Bisa dilengkapi dengan kapur sirih dan daun pandan. 
(Mediacenter Riau/sam)


Berita Terkait


Batagak Pangulu Kanagarian Pasie Laweh, Wali Kota Padang Panjang Sampaikan Selamat


Keluyuran saat Jam Belajar, 7 Orang Pelajar Ditertibkan Satpol PP Padang


Oknum Mahasiswa Usir Gubernur Sumbar Saat PABK 2023, Pimpinan UIN Bukittinggi Minta Maaf dan Berikan Klarifikasi

Posting Komentar

0 Komentar