Ticker

10/recent/ticker-posts

Satpol PP Diserang PKL di Pantai Padang, Sejumlah Personel Terluka

PKL serang Satpol PP Padang saat penertiban

PADANG, LENSA KABAR.com - Aksi penyerangan dan pelemparan oleh oknum pedagang kaki lima (PKL) kepada Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang mengakibatkan sejumlah personel terkena lemparan batu serta lampu rotari Dalmas Pol PP Padang hancur akibat lemparan batu tersebut Jumat (13/10/2023).

Insiden Ini terjadi sekira pukul 17.45 Wib di saat petugas sedang melakukan pengawasan dan menertibkan terhadap PKL yang masih berjualan di kawasan bibir pantai Kota Padang.


Sesuai dengan Perda 11 tahun 2005 para PKL tidak dibenarkan untuk berjualan di fasilitas umum secar khusus di bibir pantai . Namun dalam pengawasan yang dilakukan petugas pada saat tersebut masih di dapati adanya pedagang yang di kawasan bibir pantai. Jalan Ujung Belakang Olo No.24, Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Jumat (13/10/2023) sore.

Saat petugas hendak mengamankan sejumlah kursi milik pedagang yang membandel ke atas mobil Dalmas petugas, maka terjadi penolakan dengan memaki-maki petugas dengan kata kata kasar.

Bahkan salah seorang pedagang perempuan tersebut nekat menaiki kendaraan Dalmas untuk menurunkan barang-barang meski kendaraan masih berjalan. Personel yang berada di atas kendaraan terpaksa menyelamatkan perempuan tersebut agar tidak jatuh dari kendaraan dalmas yang melaju tersebut.

Tidak lama kemudian, terjadi penyerangan secara brutal terhadap kendaraan pol PP serta juga melempari petugas dengan batu dan kayu kepada petugas yang masih melakukan pengawasan di lokasi dan mengakibatkan adanya anggota Satpol PP yang terkena lempar.


Melihat situasi yang tidak kondusif petugas terpaksa mundur dan menyelamatkan diri di salah satu klinik kecantikan untuk menghindari amukan masa.

Situasi semakin memanas para PkL yang anarkis ini tetap melakukan penyerangan, beruntung dalam kondisi tersebut tim klewang Polresta Padang datang dan membubarkan PKL yang anarkis ini dengan melepaskan tembakan peringatan.

Dalam insiden tersebut Rio Ebu Pratama Kabid P3D juga terkena lemparan selain itu salah seorang petugas juga terkenal lemparan batu di bagian kakinya. Terkait hal ini Wakil Walikota langsung merespons dengan mendatangi Polresta untuk melihat kondisi personel yang menjadi sasaran amukan masa tersebut.

Ekos Albar yang di dampingi oleh Andree Algamar Sekretaris Daerah Kota Padang dan Sejumlah Kepala OPD yang ada di pemerintahan Kota Padang. Melakukan koordinasi dengan pihak Polresta Padang.

Wakil Walikota Padang sangat menyayangkan dan perihatin atas kejadian ini seharusnya ini tidak terjadi, upaya penertiban yang dilakukan petugas tentu untuk untuk menjadikan Pantai Padang tertib dan indah namun kedepan Pemko Padang akan terus melakukan upaya pembinaan terhadap para PKL.

Lebih lanjut dia menghimbau agar masyarakat patuh dan mematuhi aturan yang berlaku sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis tertib dan tentram. Dia meminta kesadaran masyarakat untuk menjaga ketertiban dan mematuhi aturan yang berlaku.


Pemerintah Kota Padang dalam rangka menjadi kota Padang yang tertib akan terus melakukan pengawasan bahkan lebih di tingkatkan,"ujarnya. (Rel)

Berita Terkait



Posting Komentar

0 Komentar