Ticker

10/recent/ticker-posts

Pemko Padang Komitmen Percepat Penurunan Angka Stunting

 

Pemko Padang sosialisasikan pencegahan stunting

PADANG, LENSA KABAR.com - Pemerintah Kota Padang berkomitmen untuk mempercepat penurunan angka stunting. Setelah dilakukan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS) ditemukan 1.598 balita stunting di Kota Padang.

Kadis Kesehatan, dr. Srikurnia Yati menjelaskan upaya Pemko Padang dalam menurunkan angka stunting terus digencarkan, seperti  pencegahan  stunting dimulai dari calon pengantin, yang mana masing-masing Puskesmas bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA).

Baca Juga : Padang Bagoro, Merdeka dari Bahaya Sampah, Perangi TPS Liar di Sekitar Kita

"Calon Pengantin (Catin) harus melakukan skrining awal dan penyuluhan, bagaimana persiapan kehamilan, gizi yang diterima calon ibu, penanganan bayi,  jangan sampai melahirkan anak stunting," jelasnya saat diwawancara, Senin (1/7/2024).

Kemudian, berlanjut pada ibu hamil, berdasarkan program  Kementerian Kesehatan, dalam masa kehamilan sembilan bulan  harus melakukan pemeriksaan sebanyak enam kali ke puskesmas.

Baca Juga : OTT Buang Sampah Sembarangan, Warga di Padang Ramai Daftar di LPS

"Untuk pemeriksaan Skrining  Lingkar Lengan Atas (LiLa) pada ibu hamil mencapai 96,2 persen. Hampir semua ibu hamil sudah melakukan kesehatan dan skrining," sambungnya.

Selanjutnya, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), yang menyasar kepada anak stunting. Kemudian, nantinya juga akan dilakukan deteksi tumbuh kembang anak.

Baca Juga : ASN Sumbar Dilarang Terlibat Judi Online dan Offline, Ini Peringatan Gubernur Sumbar Mahyeldi

"Kita terus melakukan intervensi. Jika menemui anak-anak yang stunting, langsung dilakukan deteksi dini tumbuh kembang anak. Kemudian apabila anaknya bermasalah, kita akan rujuk ke RSUD Rasidin untuk ditindaklanjuti," jelasnya.(Mizwa / Charlie)


Berita Terkait


Bawaslu Kota Padang Lakukan Pengawasan Pencoklitan Pilkada 2024

Meski Minim Anggaran, Atlet Sumbar Siap Hadapi PON 2024 di Provinsi Aceh dan Sumut

Pemko Padang Fokus Pembinaan Atlet

Posting Komentar

0 Komentar