Ticker

10/recent/ticker-posts

Prihatin Kondisi Rumah Gadang di Kota Padang, Pasangan Bacawako M Iqbal dan Amasrul : Peran Pemerintah Jaga dan Lestarikan

 

Pasangan Bacawako Padang M Iqbal dan Amasrul saat silaturahmi dengan Rang Sumando Suku Guci Pagang

PADANG, LENSA KABAR.com- Keberadaan rumah gadang di Kota Padang banyak yang  memperihatinkan. Pasalnya, pemerintah kota belum memiliki program pelestarian rumah gadang.

"Cuma di Padang Ndak Ado program rehabilitasi rumah gadang itu. Mako banyak rumah gadang kini yang sekarat," ujar Bakal Calon Wali Kota Padang Amasrul, saat silaturahmi dengan Rang Sumando Suku Guci Pagang, Senin (12/8/2024).

Baca Juga : Warga Sungai Sapih Resah dengan Tawuran, Bacawako Padang Amasrul: Kami Akan Buat Program Masalah Sosial

Dikatakan Amasrul, rumah gadang harus dilestarikan dan dijaga. Pemerintah berperan untuk membantu pelestarian rumah gadang dan rumah adat di Minangkabau.

"Mudah mudahan jika kami diamanahkan masyarakat. Kami akan buat program  melestarikan rumah  - rumah gadang yang ado," ujarnya.

Ditambahkan Amasrul, pasangan Muhammad Iqbal dan Amasrul memiliki visi Padang Madani maju dan sejahtera. Visi ini sesuai dengan falsafah adat, istiadat dan agama di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Program Iko kami buek salah satunya untuk melestarikan rumah gadang," ujarnya.

Dituturkan Amasrul, saat menjabat  Kepala Dinas Sosial di Kota Padang, dia mengusulkan 5 rumah gadang untuk di renovasi. Namun, yang di dahulukan pemerintah satu rumah gadang yakni di Kecamatan Kuranji.

"Dari 5 itu yang di Kuranji di dahulukan karena memiliki proposal dan sertifikat lengkap. Rumah gadang di Pagang ko perlu wak pelokkan, Dima rumah gadang di Nanggalo lai, Satu satunya rumah gadang Suku Guci yang harus dilestarikan," ujarnya.

Baca Juga : Lagi, Tokoh Masyarakat Sungai Bangek Koto Tangah Sparco Dukung Amasrul Jadi Wakil Wali Kota Padang 

Calon Wali Kota Padang Muhammad Iqbal menyebut, keluarga besar merupakan sebuah tonggak untuk meraih kesuksesan. Revitalisasi rumah gadang jadi salah satu program pasangan Muhammad Iqbal dan Amasrul jika diamanahkan masyarakat.

"Ambo memulai karir dari nol. Background ambo akademisi," ujarnya.

Dikatakan Muhammad Iqbal, sebelumnya dia melakukan silaturahmi ke tokoh masyarakat Sungai Sapih, disana mendapat masukan untuk membebaskan Kota Padang dari riba. Pasalnya, banyak emak - emak yang terjerat dengan hutang riba.

"Samo Samo Dunsanak antarkan kami ke KPU. Mohon doa dan dukungan," ujarnya.

Sementara itu Rang Sumando Suku Guci  Darman Rajo Sati mengatakan, pasangan Muhammad Iqbal dan Amasrul bisa merubah Kota Padang lebih baik. Amasrul mewakili orang sumando Suku Guci.

"Mamak Amasrul semoga bisa terpilih dan membangun Kota Padang lebih baik," ujarnya.

Di sisi lain, Ninik mamak Rang Suku Guci Nasrul Amam menyebut, Rang Sumando Suku Guci sepakat untuk mendukung pasangan Muhammad Iqbal dan Amasrul.

"Kami sepakaik untuk mendukung Pak Iqbal samo Pak Amasrul," ujarnya. 

Sementara itu, Bobi Darmanto dari Partai Demokrat Pusat memperkenalkan diri kepada Rang Sumando Suku Guci. Kata Bobi, di Pilkada ini, dia ingin ikut terlibat untuk politik di Kota Padang.

"Mako, pas pak Amasrul mencalon ambo memperjuangkan untuk dapek Partai Demokrat, karena ambo tau perjuangan pak Amasrul saat menjabat di pemerintahan," ujarnya.

Dikatakan Bobi, dia ingin terjun langsung dalam pilkada di Kota Padang. Kata dia, pilihannya jatuh pada Bakal Calon Wakil Wali Kota Padang Amasrul, karena memiliki pengalaman yang panjang di birokrasi dan memahami segala permasalahan di Kota Padang.

Baca Juga : NIP 38 se-Sumatra Barat Sepakat Dukung Muhammad Iqbal dan Amasrul Jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang

"Sebagai kader Demokrat Ambo sampaikan ke Ketua Umum, kalau Demokrat ingin berjaya di Kota Padang, pilihlah kader yang diterima dan dikenal masyarakat Kota Padang. Padang membutuhkan orang yang bisa melanjutkan pembangunan dari Buya Mahyeldi yang masih ada di hati Masyarakat," ujarnya. (*)


Berita Terkait


Bertemu Tokoh Masyarakat Koto Tangah Yudanerin Osmin, Bacawako Padang Amasrul Minta Restu

APBD Perubahan, Pemko Pekanbaru Tak Buka Lagi Beasiswa Mahasiswa

Partai Demokrat Resmi Dukung Pasangan Mahyeldi Vasco di Pilgub Sumbar 2024

Posting Komentar

0 Komentar